Skip to content

Jalan Rusak

April 4, 2008

Pada musim hujan seperti di bulan Februari kemarin, jalan di Jakarta rusak parah. Bahkan kebanjiran. Sama halnya di Bogor yang identik dengan kota hujan. Seperti terlihat di Jalan Baru atau Jl. K.H. Sholeh Iskandar (saya biasa lewat jalan tersebut), lubang yang berkedalaman 7-17 cm menganga di jalan yang sedang dalam proyek Bogor Outer Ring Road (BORR). Pada musim hujan, jalan akan rusak seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Namun pada tahun ini, jalan tersebut sudah rusak lebih parah daripada tahun-tahun sebelumnya. Kendaraan yang melintasinya harus benar-benar ekstra hati-hati terhadap jalan ‘semi offroad’ tersebut. Bahkan, angkot pun yang sudah terbiasa melewati jalan tersebut juga tidak tahu jalan mana yang harus dipilih untuk menghindari lubang didepannya. Sering terlihat mobil sejenis sedan yang akhirnya ‘menyerah’ terhadap ganasnya jalan tadi.

Pertanyaan yang muncul dalam benak saya adalah, kemana larinya uang dari pajak kendaraan bermotor? Jawa Barat terkanal sebagai provinsi yang paling banyak korupsinya dibanding Jawa Tengah atau Jawa Timur. Ini terlihat dari jalan yang ada di Jawa Barat, lebih rusak dibanding Jawa Timur yang relatif mulus. Dimana-mana terdapat jalan yang masih hanya di tambal, tanpa diaspal ulang lagi.

Memang bukan hanya cuaca yang menjadi penyebab utamanya, namun masih ada faktor lain. Diantaranya adalah, truk yang melebihi muatan, penggalian pipa PDAM atau listrik yang akhirnya hanya ditambal saja. Yang sering tidak kita ketahui adalah, para pengemis jalanan yang meminta uang dengan alasan membetulkan jalan. Setelah dilihat, ternyata mereka hanya memberi tanah atau pasir sisa bahan bangunan. Ternyata, unsur kimia antara aspal dengan tanah atau pasir sisa bahan bangunan tidak sama. Ini malah menyebabkan jalan aspal akan semakin hancur.

Nah, bagaimana dengan pemerintah??

2 Komentar leave one →
  1. maudy permalink
    Mei 9, 2008 8:54 pm

    setuju banget gw !

  2. Januari 20, 2010 3:18 pm

    hemmmm,,,, tul jga tuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: