Skip to content

Jalan ke Dieng?? AYOO!!

Juli 23, 2008

Gak terasa ya, hari ini udah 1 bulan lebih Nissan X-Trail yang diparkir dengan cantik nan ciamik di garasi tiba” pas paginya ilang. Karena ilang, sejak itu sekeluarga jadi bingung ‘mau pergi ke mana?’ pas weekend. Pengen pergi ke sana, eh, gak taunya ‘besi beroda empat’ udah raib. Bingung aku bingung…

Selama sebulan ini, udah ada tiga unit mobil Toyota yang telah mampir di garasi rumah.

Yang pertama: Toyota Avanza G

Mobil ini udah berjasa mengantarkan keluarga menuju Solo, Jateng dalam rangka liburan sekolah. Ini mobil hebat banget. Diajak ngebut (walopun bukan gw yang nyupir) di jalan tol, gak taunya udah nyalip Toyota Harrier. Diajak pelan, gak taunya udah disalip sama siput (belakangan diketahui, ternyata mobilnya lagi berenti). Tapi, tuh mobil emang comfortable banget buat pergi jauh plus barang banyak.

Yang kedua: Toyota Kijang LGX

Kalau mobil yang ini, udah berjasa mengantarkan Mr. Handsome (baca: gw) dari Stasiun Jatinegara ke rumah di Bojonggede, Bogor. Bayangkan aja kalau gak ada mobil yang nganterin gw pulang, bisa” gw diperkosa sama pohon pisang!! Yah, emang sih ini mobil gak bertahan lama di garasi gw, sekitar 1 minggu-an. Tapi, daripada tuh mobil gak ikutan terkenal, terpaksa gw tulis.

Yang ketiga: Toyota Kijang Innova E

Mobil yang satu ini masih eksis di garasi rumah. Ia masih bertahan dengan berbagai tanda-kekuasaan-kucing (baca: pipisnya kucing) hingga sekarang. Mobil yang terbilang irit bila dibandingin sama Nissan X-Trail, bisa dibawa pergi Puncak, Bogor. Dan sampai di rumah, gak taunya jarum penanda bensinnya masih ada di huruf ‘F’ (Fuel). Apalagi bagasinya lega banget, bawa kasur bisa kali ye?? Hehehe…

Gue jadi inget pas gue kecil dan masih pake mobil selain Kijang, gue pernah ngomong ke bokap

“Pah, kenapa mobilnya gak minta ganti jadi Kijang LGX aja??”
Ya, secetek itulah pemikiran anak kecil.

“Minta mobil itu gak gampang tauk!!” jawab bokap, sewot.

“Tapi kan, yang itu lebih kereeennn…” gue bales dengan polos.

“Insya Allah ya…” bokap mulai menenangkan gue yang mulai ngeselin.

Dan… VOILA! Dua atau tiga minggu kemudian (atau dua taun ya?), bokap naik pangkat yang berarti mendapatkan jatah naik mobil yang agak keren!! Mau tau mobil apa?? KIJANG LGX 1.8 EFI!!

Sesuai dengan mimpi gue. Hehehe…

Setelah 5 tahun bersama mobil Kijang LGX EFI tadi, banyak kisah yang gak bisa dilupain sama gue. Salah satunya waktu sekeluarga lagi liburan ke Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo.

Waktu itu, liburan sekolah emang telah tiba. Bokap bikin rencana untuk pergi ke suatu tempat yang belom dikunjungi. Akhirnya peta terbuka, dan internet siap membantu. Setelah perencanaan yang cukup matang, akhirnya sekeluarga pergi ke Dataran Tinggi Dieng.

Namun sayangnya, petunjuk jalan yang menuju ke Dieng kurang jelas dan membuat kita jadi ‘mengikuti jalan yang salah’. Kata petunjuk jalan, belok kiri. Tapi, kata orang di sekitar malah lurus terus. Bingung, akhirnya bokap belokin setir ke kiri (gak tau kenapa, kayaknya enakan belok kiri).

Dan, mobil telah melaju jauh dan kini telah sampai di kawasan yang sepi banget. Menurut perkiraan sih, kita salah jalan. Tapi ternyata… EMANG BENERAN SALAH JALAN!! But, don’t worry… Kijang irit kok!!

Tanjakan demi tanjakan dilalui. Lama” tanjakannya mirip jurang dengan kemiringan 90°. Tapi anehnya, mobil Kijang yang sebenernya hanya bermesin 1.800 cc (dan biasanya kalau di STNK berkurang dikit), mampu melewati tanjakan yang memacu adrenalin. Gile coy!

Hingga pada suatu tanjakan, entah karena licin karena kabut atau ban yang gak bisa nge-grip, mobil Kijang itu mulai mengalami gejala slip. Parahnya, di belakang tanjakan tersebut adalah jurang yang dalem banget!! Tanpa baca Ayat Kursi dulu (kalau baca, malah bikin mati), bokap langsung nginjek gas yang dalem dan sekuat-kuatnya. Deru mesin masuk ke kabin, hentakan tenaganya mulai terasa, dan akhirnya ban mobil berhasil menginjak aspal yang licin karena kabut.

Sekeluarga akhirnya selamat…

Ternyata, dengan membawa barang yang banyak, mobil masih bisa berakselerasi dengan bagus. Hebat bener nih, Kijang! Apalagi semua penumpang masih bisa selonjor-an karena kabinnya lega setelah ‘adegan mengerikan’ tadi. Dan setelah gue nengok ke belakang, ternyata nyokap lagi komat-kamit baca do’a. Gue bilang ‘Tenang, Ma. Udah jalan lagi kok!’.

Jalan” di sekitar Dieng menjadi tujuan setelah berhasil menyewa kamar hotel (rumah berkamar banyak lebih tepatnya). Indah sekali Dieng itu. Dingin sih, tapi bila terbalas dengan keindahan alam di sana, rasanya telah rasa dingin itu ‘terbayar’.

By the way, gue gak sempet moto” di sana. Hihihi…😀

Saatnya melihat isi tangki. Ternyata, jarum penunjuknya masih bertengger di ¾. Irit bener ya?

Kalau tadi 5 tahun yang lalu, sekarang gue bicarain Kijang Innova yang sekarang. Jujur, ini pertama kalinya gue masuk ke dalem kabin Kijang Innova. Begitu masuk, ternyata keren juga walaupun gue masuk ke dalem Kijang Innova E. AC-nya adem, kabinnya lega, irit pula. Diajak ngebut juga bisa. Dibawa ke Puncak, tenaganya ada.

Kijang emang bisa apa aja. Mau ke acara kondangan, bisa. Mau acara keluarga, bisa. Mau menembus banjir juga oke. Mau buang ludah, lebih gampang lagi (buka jendela, hooeeekkk, cuh…)

Kijang emang gak ada duannya! (berarti ada tiganya ya?)

6 Komentar leave one →
  1. Juli 23, 2008 11:07 pm

    mobil… mobil… dan mobil… lo emang duplikat maya abang gw. minatnya sama mobil kek minat gw sama teletubies. GA TERPISAHKAN!

    ntar klo gede, pengen jadi supir y??

  2. Juli 23, 2008 11:51 pm

    Coba aja naik viper biar lebih cepet dan dijamin kancil pun nggak bisa ngejar

  3. Juli 24, 2008 2:49 pm

    Huh…
    boro2 ganti2 mobil…
    beli aja gag mampu…
    wekekekek…
    biar wajah kita sama ancurnya, tapi kita berbeda nasib…
    hiks… yang penting… Rasanya Boeng…

  4. alid abdul permalink
    Juli 25, 2008 2:52 pm

    Iye lu cita2nya mw jadi sopir yaks?

    Pantes banget kok… Scara uda hensem getu…

  5. Juli 25, 2008 3:46 pm

    eh, jangan salah sangka ya semua… tulisan full bacotnya menang loh!!

    @agil

    jadi supir mah boleh aja… tapi, harus supir PRESIDEN… ntar siapa tau gue jadi presiden…

    @masciput

    pake Porsche aja… dijamin cepet… Ferrari juga pengen sih…😀

    @Lubyz

    kenapa lu nyangka gue punya mobil 3?? itu berganti terus seperti evolusi manusia…😀

    @alid abdul

    pengennya jadi supir presiden. titik.

Trackbacks

  1. MENANG HADIAH MINGGUAN LOMBA BLOG KIJANG « Mr. Handsome punya Blog!!

Tinggalkan Balasan

