Skip to content

Ke Kedutaan Besar Jerman

September 1, 2012

Hari Kamis kemaren gw pergi ke Kedutaan Besar Jerman buat ngurus visa. Gw pergi bareng bokap-nyokap gw, soalnya gw masih belom 18 tahun (masih imut nih HAHAHA). Lanjut…. karena gw ke Jerman pake biro gitu jadi semua gw serahin sama biro gw. Pokoknya gw percaya semua udah disiapin sama mereka. Gampangnya, gw ngurus visa ini cuma setor muka. Ternyata sodara-sodaraaaa….. GAK SESUAI BAYANGAN!!! SUSYEEHH CYIINN!! *lebay*

Jam setengah 10 pagi gw udah di Hotel Mandarin yg tempatnya kalo kepleset aja pasti nyampe Kedubes Jerman. Gw duduk-duduk dulu di situ soalnya jadwal appointment (de: Termin) gw jam setengah 11. Lanjut, jam 10.15 gw jalan ke Kedubes Jerman bareng Dhika dan Dinal. Pas di dalemnya HP dan kamera gak boleh dibawa masuk. Padahal tadinya mau dipake buat foto2 mbak2 Jerman gituuu. Ternyata Pak Steffen (apa Stephen ya?) udah ada di dalem. Dia itu orang Jerman asli, suaminya guru Bahasa Jerman gw. Dia juga yg ngurusin segala administratif keberangkatan gw.


Karena gak boleh bawa HP, foto dari luar aja ya. Foto dari link ini

Trus gw naik ke atas karena dipanggil Allah buat ngurus visa di lantai 2. Pas nyampe di atas rombongan gw (gw, Dhika, Dinal, Pak Steffen, dan ortu gw) langsung disamperin satpam. Katanya sih orang Jerman gak boleh masuk ke dalem, itu udah peraturan. Lah kan kalo Pak Steffen gak boleh masuk, yg ngurusin visa siapa dong? Akhirnya terjadilah drama antara Pak Steffen dan satpam….

Satpam: maaf pak, di sini orang Jerman gak boleh masuk
Pak Steffen (PS): hah?? Kenapa? Saya ingin mengurus visa mereka
Satpam: itu emang udah peraturan di sini pak
PS: tapi saya punya surat kuasa untuk boleh masuk ke dalam *nunjukin surat kuasa*
Satpam: tapi di sini hanya untuk orang non-Jerman saja
PS: saya ini pengacara, saya mengerti peraturan di sini
Satpam: terserah! atau mau saya panggil polisi Jerman ke sini??

Dan seterusnya…. dan seterusnya…. dan seterusnya…
Kayaknya kalo ditambah elang sama naga terbang mirip sama sinetron Indosiar…

Akhirnya debat Indosiar tadi dimenangkan oleh pak satpam. Trus Pak Steffen nunggu di bawah panas-panasan -__- kasian banget pokoknya itu. Apalagi pas diterangin sama Pak Steffen, belum beres diterangin udah dipanggil ke loket 3. Yaudah daripada bingung gw masukin aja itu semua dokumen yang ada di map. Mana mbak-mbak yang jaga loketnya (iya, orang INDO!!) JUDES BANGETTT!!! Kayaknya kalo ngeliat dia senyum dikit aja langsung jadi keajaiban dunia.

Si Mbak-Mbak Judes meriksain semua berkas-berkas yang gw kasih. Eh, akhirnya yang gak gw harapkan dateng juga….
Kata-kata yang bikin sakit hati. Lebih sakit daripada diputusin cinta *eh?*

“Ini berkasnya ada yang kurang….”

Hancur rasanya dunia ini. Mana gw gak ngerti berkas apaan (pake bahasa Jerman gitu deh), mbak-mbak yang judes abis, dan Pak Steffen yang gak boleh masuk ke dalem. Jadi aja gw bolak-balik naik-turun tangga, harus fotokopi ini fotokopi itu, trus nyari berkas-berkas apa lagi yang kurang. Untungnya aja gw dibantuin Dhika yg tau berkas apa yg kurang dan gw bareng bokap-nyokap jadi ada yang bisa nahan gw panggil penguasa tanah, air, udara….. *lu kira Avatar?*

Setelah itu gw dipanggil lagi buat nyerahin semua dokumen, tapi bukan di loket 3 melainkan di loket 4. Bosen kali ya Si Mbak-Mbak Judes ngeliat muka ganteng gw ini, tapi gw juga bosen sih (semoga Si Mbak-Mbak Judes gak bacaaaaa *amin*). Di loket 4 masih sama orang Indo juga tapi Chinese gitu deh, lumayan gak se-judes Si Mbak-Mbak Judes itu. Semua berkas-berkas gw dikasih ke loket 4, alhamdulillah gak ada yang kurang.

Di saat inilah gw mendengar kata-kata yang gw tunggu dari tadi….

“Silahkan kamu cek ini formulirnya udah betul atau belum, trus kamu tanda tangan di bawah sini…”

Gak pake dicek langsung gw tanda tangan aja… HAHAHA
Abis itu gw bayar buat visa sekitar Rp 360.000 (nah ini anehnya, Dhika dan Dinal bayarnya Rp 720.000)
Abis itu…… SELESAI!!! PULANG!!! BUBAR!!!

Selesai juga perjuangan gw selama 4 JAM di Kedubes Jerman…..

Dadah… Si Mbak-Mbak Judes!!!
Vielen dank Mbak-Mbak Chinese Loket Empat :*

****

PS1: Gw rada parno nih… soalnya pas diwawancara “Berapa semester kamu studi di Jerman?” gw jawabnya enam semester. Padahal mestinya delapan semester. Ntar kalo gw dideportasi pas semester 6 gimana ya? Kan gak lucu….😦

PS2: Sebenernya semua persyaratan udah ada di website Kedutaan Besar Jerman, cuma gak gw baca aja. Hihihi… Link-nya di sini.

6 Komentar leave one →
  1. Oktober 10, 2012 10:41 pm

    Hahahaha kocak amat lo -__-. semoga gak di deportasi yah.

  2. rahman permalink
    Februari 22, 2013 5:16 pm

    Udah kuliah d jerman ya kak?
    #pake biro apaan?

  3. Januari 6, 2014 7:54 pm

    wah, beruntung banget bisa kuliah S1 di jerman. Gimana caranya?

  4. Agustus 6, 2014 4:41 pm

    wuiiiiih seru banget baca nya😀

  5. roby darmawan permalink
    Februari 28, 2016 10:04 am

    kedubes saudi kaya gitu juga gak yaaa

Trackbacks

  1. Kado Ulang Tahun Terindah « Mr. Handsome punya Blog!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: