Skip to content

(Das) Sprachtandem

Mei 10, 2013

Pertama-tama gw bahagia akhirnya musim semi datang! Mulai saatnya cewe-cewe memperlihatkan ketek dan bulu dadanya!!! Huahahaha😀

Oke, baru-baru ini gw abis ‘Sprachtandem‘ sama temen bule Jerman. ‘Sprachtandem‘ artinya semacam metode belajar bahasa asing dengan orang yang bahasa ibunya bahasa asing itu (gitu lah, mumet sendiri gw…). Misalnya gw belajar bahasa Jerman jadinya gw ngobrol sama orang Jerman asli, dan itu orang Jerman lagi belajar bahasa Indonesia jadinya ngobrol sama Tarzan orang Indonesia yang tampan ini.

Ehm… Iya, NGOBROL! Gak salah kok, NGOBROL! Ngomong one on one!!! Keren gak tuh? *benerin kerah*

Sprachtandem’ sendiri dari dua kata yang kalo gak salah ‘Sprachen’ atau bahasa, sama ‘Tandem’ artinya yaaaa… tandem. Gatau gw bahasa Indonesianya apaan. Duh, kayaknya temen bule Jerman gw ini bakalan ngerasa gagal ngajarin bahasa Jerman ke gw. *digetok*

Sprachtandem gw ini sama seorang cewe anak kuliahan, dia kuliah di Universitas Bonn jurusan ‘Ilmu Asia Tenggara’ (Südostasienwissenschaften). Karena dia belajar tentang Asia Tenggara, otomatis dia harus belajar bahasa Indonesia. Tapi gw gatau kenapa dia cuma belajar bahasa Indonesia (sama bahasa Mandarin actually, tapi itu kan bukan Asia Tenggara), yang jelas dia cuma bilang, “Saya tertarik sama Indonesia, dan bahasa Indonesia gampang tata bahasanya, dan… orang Indonesia baik-baik”

Sebagai orang Indonesia, jadi berasa bangga gitu deehhh😎

Well, karena dia udah setuju namanya dimasukin di blog gw…
Kita sebut saja dia Zita
eh….nyebutnya bukan pake ‘Z’ tapi ‘S’ ya
….Sita

IMG_6858Zita si Mbak-mbak Jerman

Pasti sejak saat ini emak gw punya dua perasaan:

1) Seneng, karena anaknya bisa kenalan sama cewe bule Jerman
2) Bingung, karena kok bisa-bisanya kenalan sama bule Jerman?

Yaudah, biarin lah ya. Paling abis ini emak gw nge-WhatsApp dengan hebrinnggg. Yang jelas kenalannya gak keren banget hehehehe.

Di awal tadi gw bilang kalo Sprachtandem itu ngobrol one on one. Sebenernya bisa aja sih kelompok gitu, tapi gw gak minat kalo kelompok. Soalnya kalo gw bego sendiri nanti diem gitu di pojokan. Kalo sendiri-sendiri gitu kan enak, kalo bego kan bego sekalian, justru makin diasah kemampuan bahasanya. Teorinya sih gitu, tapi kenapa bahasa gw segitu-gitu aja yak???

Cara belajar Sprachtandem ini sih biasa aja ya, maksudnya gak kayak masuk kelas — belajar pake buku — diajarin sama guru — dapet nilai. Engga. Kita cuma janjian di suatu tempat, di sebuah café misalnya, trus kita ngobrol sama Tandem kita berjam-jam di café itu. Terserah mau ngobrol apa aja. Kalo si Mbak Zita ini sih paling seneng ngomongin Indonesia beserta kultur dan keindahan alamnya, walaupun kadang-kadang ngomongin tentang Jerman dan kuliahannya juga sih. Tapi tetep, beda rasanya kalo ngobrol sama orang asing!😀

Yang jelas sih ktia gak ngobrolin masakan, cucian, beras abis, atau genteng bocor……
loh? ini mah obrolan ibu-ibu arisan.

IMG_7322Tandem bisa juga kayak ngobrol berdua di taman gini

‘Sprachtandem’ ini bagi gw cara yang bagus banget buat ngelatih bahasa asing kita. Soalnya kita ngobrol langsung sama orang yang bahasa ibunya bahasa asing tersebut. Gak cuma ngajarin bahasa formal, tapi juga ngajarin bahasa sehari-hari. Penting banget tuh, biar nanti gak kuper gitu. Lagipula ini juga semacam simbiosis mutualisme, sama-sama belajar dan ngajarin. Gimana gak seneng kita ngajarin sama orang yang mau belajar bahasa Indonesia?

Pas Sprachtandem gak usah takut salah, pokoknya cas-cis-cus aja kalo ngomong. Apalagi ngomong sama Mbak Zita ini, kalo salah dia baik hati benerin. Bahkan kalo dia bisa malah ngartiin pake bahasa Indonesia. Sedangkan gw masih buka-buka kamus. Buat seorang bule, tingkatan bahasa Indonesia-nya dia udah tingkat dewaaa!

***

PS to Zita: Wenn du jetzt mein Blog und dieses komisches Posting liest (ich hoffe verstehen auch😀 ), ich sage dir, dass du eine gute wunderbare Tandempartnerin bist und auch deine Indonesisch ist sehr gut! Ich schwere! Können wir in diesem Wochenende ein Tandem noch mal machen?😀

10 Komentar leave one →
  1. Mei 17, 2013 8:37 pm

    blogwalking nich…baru pertama kesini taunya disambut header senyum sumringah…met kenal yach

  2. Zita Marisa permalink
    Mei 18, 2013 3:12 am

    wuuaaah, gambar ini aneh😀
    Aku senang sekali belajar bhs Indonesia denganmu (dan ngajarin bhs Jerman hehe)!
    Sampai ketemu lagi minggu depan🙂

    • Asri permalink
      September 17, 2013 7:19 pm

      Zitaaaaaa!!!!!!😀 aku baru liat blog ini dan aku kaget ada foto kamu. hahhahha..
      Dias sukses di Jerman yaa!! Kalo aku ke sana nanti ketemu!

  3. rinis novianti permalink
    Mei 21, 2013 2:34 am

    . Suka banget baca blok ini. Asik banget tulisannya. Lucu, dan sangat menambah wawasan. Sukses ya di jerman. Salam kenal. Rinis novianti

  4. Ivan Winata permalink
    Juni 12, 2013 5:14 pm

    Ich finde dein blog sher gut… (Bener gak nih bang? Baru belajar bahasa Jerman nih..)

  5. Juni 19, 2013 7:10 pm

    ditunggu cerita selanjutnyaa😀

  6. Ajeng Cutik permalink
    Juli 13, 2013 9:19 am

    🙂

    • wilah permalink
      Juli 17, 2013 1:29 pm

      wahahah ajeng. ini toh orangnya, si sem Handsome,

  7. Agustus 6, 2013 11:07 am

    coba mas ajarin dia bahasa jawa. mungkin lebih tertarik lagi sama Indonesia hehehe

    betewe disana muloknya bahasa jerman ya?

  8. September 10, 2013 11:32 am

    itu mbak-mbak tapi mukanya masih muda gitu..
    #barutau ada jurusan ilmu asia tenggara😮

Tinggalkan Balasan

