Skip to content

Melancong Jerman-Belanda pt. 2

September 29, 2013

Setelah ‘wisata singkat’ di München, yang cuma setengah hari kalo ditotal dari nyampe terminal bus, tengah malamnya kita langsung berangkat ke Ibu Kota Jerman: Berlin! Naik bus jarak jauh (Fernbus) lagi, tapi bedanya bus yang ke Berlin ini bus tingkat. Kita naik bus malem-malem soalnya perjalanan dari München ke Berlin sekitar 7 jam. Dijadwalkan berangkat jam 12 malem sampe jam 7 pagi. Dan kita bermalam di bus, walaupun gak senyaman di hotel, tapi masih bisa lah buat bobok-bobok cantik😀

Berlin

Sampe Berlin jam 7 pagi di terminal bus. Dikira terminal bus udah deket sama stasiun utama Berlin, ternyata nggak. Akhirnya naik kereta dulu ke stasiun utama. Karena jam segitu belum boleh check-in hotel jadinya kita nitip tas dulu di masjid Indonesia di Berlin (ini website masjid Indonesia-nya). Setelah nitip tas kita sarapan kebab dulu dekat situ, dan balik lagi ke stasiun utama. Seperti biasa, kita cari-cari bus sightseeing buat muter-muterin kota. Akhirnya ketemu satu dan kita dikasih harga murah, sekitar 15 Euro seharian full. Beruntung cuaca waktu itu lagi cerah dan hari Minggu jadi gak terlalu macet. Langsung aja ambil tempat duduk di dek atas.

Silakan dinikmati galeri fotonya…

Di tengah-tengah keliling Berlin kita balik ke Masjid Indonesia buat ambil tas sekalian sholat zuhur dan pindah ke hotel. Ke hotel kita numpang bus sightseeing karena tiketnya emang buat seharian, dan gw minta supirnya buat turunin di depan hotel. Macam angkot aja hehehe. Setelah puas seharian muter-muter Berlin, malamnya diakhiri dengan makan ‘Kubideh’ di restoran Turki Al-Reda (kalau gak salah). Sebenernya mahal sih, tapi kan porsinya untuk orang Turki jadi kenyang banget. Sebanding sama seharian yang makannya sedikit.

Hamburg

Pagi-pagi kita berangkat ke Hamburg dan sampai sekitar jam 10-an. Dari jam kedatangannya sih kita pas banget, kalau jalan-jalan dulu di Hamburg dua jam puter-puter dan sejam ke hotel pasti pas. Ternyata gak diduga, di Hamburg lagi ada balap sepeda dan banyak jalanan di kota ditutup sementara jadinya bus sightseeing gak jalan full, cuma muter-muter dikit. Karena gak mau rugi yaudah kita nekat aja buat minta check-in hotel agak pagi biar bisa naruh tas. Dan ternyata bisa, setelah basa-basi ala orang Indonesia😀

Tapi dasar orang traveler, begitu ngeliat kasur hotel dan semriwing kipas AC malah ketiduran sampe jam 3 sore. Sambil mbeler kita jalan ke kota buat ngecek bus sightseeing ada apa engga. Ternyata ada dan jalan full. Pas ditanya kapan berangkat terakhir, supirnya bilang sekarang. Yaudah tanpa pikir panjang langsung beli tiket naik bus sightseeing (padahal belum makan siang!!).

Silakan dinikmati galeri fotonya…

Setelah muter-muter pake bus sightseeing kita langsung makan di restoran Asia di stasiun utama Hamburg. Sebenernya dari siang belum makan dan makan di restoran Asia itu kurang ‘jooss’, masih laper sih. Tapi kita harus jalan lagi, tujuan berikutnya: Landungsbrücken! Tempat di mana kita bisa naik kapal di sungai Elbe. Oh iya, kalau udah beli tiket harian di Hamburg, naik kapal ini gratis! Silakan dinikmati pemandangan dari kapal ini…

Kapal ini macam transportasi umum aja, berangkat dan tiba ada jadwalnya. Pelabuhannya kecil di pinggir-pinggir sungai. Kita naik kapal cuma satu trayek aja, karena cuma pengen ngerasain naik kapal di atas sungai Elbe (FYI, beberapa bulan lalu sungai ini meluap dan menenggelamkan kota Halle dan sekitarnya, beritanya). Tepat sejam kapal yang kita naikin udah balik lagi. Dan kita setelah belanja kaus Hard Rock langsung balik ke hotel.

*Note: Semenjak pertama kali datang ke Hamburg (sebelum sama bokap-nyokap) gw udah jatuh hati sama kotanya. Kota besar yang termasuk bersih dan rapi. Sebenarnya kepingin banget lanjut studi di sini, tapi apa daya ternyata diterima di kota lain. ;-(

Bonn / Dortmund

Bonn dan Dortmund adalah tujuan kita hari berikutnya. Kenapa dua kota yang berbeda? Sebenernya gw dan bokap-nyokap pisah di jalan. Bokap-nyokap ke Dortmund, sementara gw pulang ke Bonn karena besoknya harus perpanjang visa di sana. Untuk hari yang ini bisa datang ke blog bokap gw, soalnya gw di Bonn gak jalan-jalan.

***

Yak, sampai sini dulu deh ya. Hari berikutnya kita pergi ke Amsterdam dan sekitar Belanda. Have a nice day everyone!!! Tschüss!!

4 Komentar leave one →
  1. airyz permalink
    September 30, 2013 12:55 pm

    mantap.. kapan2 tak susul mrono le..

  2. September 30, 2013 7:36 pm

    halo diaz, tahun depan aku ke Bonn. Masih lama sih, Juni 2014 buat belajar bahasa di Bonn trus abis itu ambil master di Cottbus. Mau tanya kira-kira kalo akomodasi 4 bulan doang enaknya di mana ya? WG gitu atau mending di guest house uni atau di studentenwerk gitu (bisa ga sih kalo bukan student?). Dulu aku pernah di Dresden tinggal di studentenwerk gitu, tp itu karena ada anak indo yang pas aku di sana lagi pulang ke Indo jadi aku bisa sewa kamarnya hehe😀 ditunggu ya jawabannya. Oh iya, kalau bisa aku pengen yang sewanya ga lebih dari 200 pro monat. Danke.

    • September 30, 2013 7:40 pm

      hallo Anastasia!

      bukannya gak mau bales pertanyaannya, tapi lebih baik pertanyaannya dikirim ke email aku aja: ndias007@gmail.com
      kemarin waktu aku di Bonn tinggal di Studentenwerk Bonn dan statusnya sprachkurs. jadi bisa-bisa aja.

      LG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: