Skip to content

Weihnachten

Desember 8, 2013

Di postingan sebelumnya gw bilang kalo bakalan ngupdate blog lagi karena lagi liburan. Kenyataannya…….. nihil. Hehehehe. Maklum orang sibuk. Sibuk mencari bunga kalo aku jadi kumbangnya *apaan deehh*. Padahal kemarin pas musim semi ada banyak yang bisa gw share, terutama foto waktu musim semi di Fulda. Tapi karena udah basi, sekarang udah musim dingin, bisa lah dicek di Flickr gw sebagian fotonya.

Lanjut ke topik. Sekarang ini di Jerman lagi musim dingin, atau bahasa Jawanya ‘winter’. Banyak orang yang gak seneng sama musim dingin ini, banyak juga yang seneng. Yang gak seneng, biasanya alasannya adalah: dingin, gelap, gampang laper, harus pake jaket tebel, dan bahkan yang baru-baru ini terjadi… badai. Hari Kamis, 5 Desember kemarin Jerman Utara dilanda badai Xaver. Beritanya klik di sini.

Tapi tenang, bagi yang khawatir gw kenapa-kenapa, gw baik-baik aja kok.
Terima kasih Bagus Setiawan sudah mengendalikan badai angin🙂

Screen Shot 2013-12-07 at 12.15.36 PM

Sekarang alasannya bagi mereka yang seneng musim dingin: salju, liburan, dan natal. Beberapa orang suka sama tiga kombinasi ini. Natal sendiri bahasa Jermannya ‘(das) Weihnachten‘ [ˈvaɪ̯naχtn̩]. Walaupun gw gak ngerayain, tapi gw cukup terhibur karena ada Weihnachtsmarkt (pasar natal). Di sini ada macam-macam barang dan makanan dijual. Mirip sama pasar malam kalo di Indonesia. Bedanya cuma harganya aja yang gak bersahabat.

Di pasar natal ini dijual makanan namanya ‘Lángos’, hampir sama kayak cakue (atau cakwe sih nulisnya?) cuma lebih lebar, harga paling murah sepotong €2,50 atau sekitar Rp40.000 cuma pake garem doang. Mau pake keju? Harganya €3,50. Di Indo 6 potong paling cuma Rp3.000. Kalo kenal sama abangnya malah biasanya dikasih gratis satu. Lángos ini asalnya dari Hungaria dan yang pasti Lángos ini rasanya enak banget😀

IMG_5124Ini namanya Lángos, pake keju dan fla

Ada lagi barang-barang tipikal natal yang dijual di sini, macam topi sinterklas, kaos kaki, dekorasi pohon natal dll. Pokoknya meriah lah. Ada juga mainan buat anak-anaknya macam kuda-kudaan yang muter-muter, mobil-mobilan, kereta-keretaan. Pasar natal di Darmstadt sini buka dari tanggal 25 November sampe 23 Desember. Kalo yang di Darmstadt kurang seru, bisa coba ke pasar natal di Frankfurt. Lebih gede dan pastinya lebih rame.

Segitu saja sepatah-dua patah-goyang patah-patah kata pengantarnya, silakan dinikmati foto-fotonya😀

Betewe, itu foto-foto dijepret sekitar pukul 4-5 sore. Iye, jam segitu udah gelap.

Gw makan Lángos dulu deh. Guten Appetit!

6 Komentar leave one →
  1. Desember 29, 2013 4:20 pm

    wie lange bleibst in Deutschland?

    • Desember 29, 2013 4:37 pm

      Das hängt von meinem Studium ab. Wenn das alles klappt, würde ich nur 5 Jahre in Deutschland bleiben.

  2. Januari 2, 2014 8:30 am

    lama enggak maen kesini hahaha
    asik banget sumpah, gue jadi pengen lanjut kuliah ke luar tp apa daya enggak diijinkan hahaha

  3. Januari 2, 2014 8:50 am

    Ich hoffe, Ihr Studium in Deutschland reibungslos …
    Entschuldigung ich Google übersetzen hehehe

    Glück mr. handsome😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: