Skip to content

Melancong ke Belanda Lagi! Pt. 2

Januari 5, 2014

Ini lanjutan dari postingan sebelumnya, Melancong ke Belanda Lagi! Pt. 1. Sekarang kita masuk ke hari kedua gw di Belanda. Pagi-pagi gw udah bangun terus ke supermarket terdekat buat beli roti sama susu. Iye, ceritanya ketinggalan sarapan hotel. Abis makan dan si Dhika mandi kami langsung cabut ke ibu kota Belanda: Amsterdam, naik kereta. Harga tiketnya masih okelah buat kereta antar-kota, €7,00. Amsterdam… here we gooo!!!

IMG_5569Kereta Intercity dengan pemandangan mirip wallpaper Windows XP

Perjalanan Utrecht – Amsterdam butuh waktu 30 menit, mirip Bogor – Jakarta. Begitu nyampe stasiun utama Amsterdam kami langsung beli tiket harian Amsterdam seharga €7,50. Pake tiket ini kita bisa naik kendaraan apa aja di Amsterdam (bus, tram, metro) selama 24 jam gak usah bayar lagi, tinggal tempel tiketnya ke alat pengecek di tiap kendaraannya.

Abis beli tiket langsung muter-muter sekitar stasiun. Di situ ada macem-macem campur aduk lah, mirip Kota Tua di Jakarta tapi ini lebih sempit. Pertokoan, restoran, ho(s)tel, pasar, gereja, dan kalau pernah ngeliat film Euro Trip pas di Belanda ada Red Light District, itu beneran ada.😀

Puas muter-muter sekitaran stasiun, sekarang kami pengen nyoba naik tram ke tengah kota. Salah satu tujuan utama kami ke patung tulisan ‘ I amsterdam’, soalnya gak afdol kalo ke Amsterdam tapi belum foto di sana. Ternyata tulisan ‘I amsterdam’ itu ada di The Rijke Museum, sebuah museum yang punya taman luaaaaassss banget, segede lapangan bola ada kali. Kami langsung turun di situ trus foto-foto deh.

IMG_5659Lagi banyak orang jadi gak terlalu keliatan ‘I amsterdam’-nya

Aslinya kayak gini kalo sepi. (sumber)

Selesai foto-foto dan si Dhika beli oleh-oleh, kami langsung naik tram ke arah sebaliknya soalnya tadi di perjalanan ngeliat ada kayak rumah makan Indonesia gitu. Balik lagi lah kita trus turun di halte yang deket sama rumah makan itu. Dan… namanya juga anak perantauan yang kangen masakan Indonesia, akhirnya kami terhipnotis buat makan di sana hahahaha.

IMG_5684Sate… telor balado… Tehbotol… Mantaaaabbb!!!

Untuk harganya… jangan ditanya hahahahahahamahalhahahaha.

Abis isi bahan bakar (read: makan) kami langsung cabut ke markas tim bola terbesar se-Belanda, Amsterdam ArenA, markasnya Ajax!!! Buat ke sana kita harus naik metro sekitar 9 stasiun sampe ke stasiun Bijlmer ArenA. Karena sebelumnya gw udah pernah ke stadion ini sama bokap-nyokap, jadi gw gak ada kewajiban buat masuk ke dalem. Jadi gw cuma nyolong Wi-Fi buat ngenet sebentar dan beli oleh-oleh stiker hehehe.

IMG_0063Ini nih dalemannya Amsterdam ArenA

Puas motret-motret si Dhika yang gak terlalu tertarik sama Ajax (karena dia fans-nya Manchester United), kami langsung balik lagi ke kota. Trus kami gak tau lagi deh mau ke mana, muter-muter aja di deket Central Station. Makin parah lagi ternyata batre kamera gw hampir habis. Jadinya gw gak motret-motret banyak biar bisa motret pas tahun baru.

Selama 6 jam kami muter-muter gak jelas, makan kebab, nyolong Wi-Fi buat ngenet dan seterusnya. Tadinya sih mau nemuin temen yang kerja di restoran Indonesia, tapi ternyata itu restoran mewah yang mahal banget. Ane gak sangghuuuppp…

Trus sejam sebelum pesta kembang api dimulai kami pergi ke tempat official perayaan tahun baru di Het Scheepvaartmuseum (museum kapal). Di situ tempat kapal-kapal Belanda dulu dimuseumkan, ada juga kapal VOC yang pernah ngejajah Indonesia itu. Hmmm… gw baru mikir, kenapa gw gak ke sana aja ya dari pada gw 6 jam jalan-jalan gak jelas? Ah, takdir Tuhan kali biar gw ke sana lagi huehehehehe.

Jam udah nunjukin ke arah jam 12, kami siap-siap masuk ke pelataran tempat liat kembang api. Ehhh, namanya orang Indonesia ada di mana-mana, kami ketemu juga sama dua wanita Indonesia. Trus kami kenalan, terus…. ngerayain tahun baru bareng-bareng deehh!!!

Teeeeettttt!!!!
Selamat tahun baru!!! Happy New Year!!! Frohes Nuejahr!!! Gelukkige nieuwjaar!!!

***

Abis tahun baruan kami balik lagi ke Utrecht, buset daahhh ternyata stasiunnya penuh bangeeettt. Di kereta sepanjang itu pun gw berdiri. Trus gw nyampe Utrecht jam 3 pagi langsung tidur dan jam 8 pagi udah bangun buat check-out dan pulang ke kota masing-masing (gw ke Darmstadt, Dhika ke Greifswald). Gw numpang mobil orang dan bayar €27,00. Abis itu gw seharian molor di rumah.

Sekali lagi, selamat tahun baru 2014 semuanyaaa!!!

8 Komentar leave one →
  1. Januari 5, 2014 11:34 pm

Selamat tahun baru 2014!
    Lama tak bersua nih ya😀 Bikin iri aja postingannya hahaha

2. Januari 6, 2014 5:12 am

tulisannya bagus, detail juga..jadi yang blm pernah kesana, setidaknya bisa ngebayangin lah😀

Lanjut maen ke Volendam gak Dias? g jauh dari amsterdam

• Januari 6, 2014 9:18 pm

kalo diliat dari komennya, mbak Mira ini udah apal sama Belanda, iya toh?
      gak main ke Volendam, gak sempet, next time mungkin😀

3. Ivan Winata permalink
    Januari 6, 2014 9:43 pm

Happy New Year bang!
    Keren cerita jalan2 ke Belanda, jadi pengen kesana juga..