Lanjut ke konten

Air Sumber Kehidupan

Februari 12, 2011

Jadi inget, dulu rumah gue pernah airnya warna coklat-coklat gitu. Waktu itu gue lagi mau mandi, nyalain keran, airnya ngocor (apa ya bahasa Indonesianya ‘ngocor’?) ke ember. Pas dilihat ke ember… nauzubillah min zalik! Gue belum juga nyentuh air, yang notabene daki 5 ons belum lepas dari badan gue, eh airnya udah coklat duluan. Gue liatiiinnn terus sampe gue ngaca di air, yang ternyata malah bikin tambah butek tuh air. Akhirnya gue mikir, ini yang salah gue yang ngeliatin atau tukang sayur yang lagi diserbu ibu-ibu? *eh?*

Setelah gue mikir, gue langsung ambil handuk dan langsung keluar kamar mandi. Bentar…. gak usah dibayangin juga dong! Jadi malu… (suara kejauhan: “ciee suuiitt kiw kiw!! perutnya kotak kotak niyee!! eyke terpanaa booww”)

Ehem, gue langsung ke nyokap gue dan melaporkan apa yang telah terjadi dengan air kecoklat-coklatan, dan juga abang sayur yang lagi gak jualan ikan *yang kedua engga ding 😀*. Usut punya usut, ternyata air tanah tempat nyedot buat keperluan rumah tangga udah terkontaminasi dengan banyak kotoran. Hingga akhirnya terpaksa saluran penyedot ke bawah tanah harus dimasukin lebih dalam biar dapet air jernih.


Contoh air butek… cc: here

Waktu itu gue pernah baca (dan gue baru tau juga) ternyata air yang biasa kita pakai adalah hasil endapan air dari 6.000 tahun yang lalu. Ya, di jaman engkong kita belum hidup, di jaman dinosaurus masih lebaran tempe, di jaman Homosapien masih mirip monyet. Pada jaman-jaman gitu tuh air diendap dan hasilnya dinikmati kita-kita sekarang ini. Tentunya air tanah, bukan air sabun atau air alkohol, apalagi air kembang tujuh rupa lima dasar. Sumbernya gue dapet dari RT-an temen di Twitter waktu gue buka akun @diazhandsome…. *promosi boleh dong :p*

Balik lagi. Air, tidak semua air bisa dipake buat kegiatan sehari-hari. Misalnya air hujan, air laut, air sungai, air danau, air liur, air seni, dan lain-lain tidak bisa digunakan sehari-hari. Yang bisa adalah air tanah yang telah difilter (disaring) dan memenuhi standar. Jadi inget pelajaran SMP, sebanyak 97,2% air adalah air yang dipake buat keperluan paus masak, hiu belanja, penyu mandi, piranha sarapan…. *lho kok?* Nggak ding, 😀 maksudnya sisanya itu berupa air laut yang super asin. Iya, A-S-I-N. Kalo gak percaya, coba aja sendiri. :mrgreen:

Lalu sisanya? Air yang bisa diminum (atau air minum) merupakan air tawar yang ternyata di dunia ini cuma sebanyak 2,41%!!! Dan lebih mengejutkannya sampai-sampai jantungku berdebar-debar *lebay*, air tanah yang biasanya dipake buat keperluan sehari-hari cuma 0,61% saja!!!

Mampusss…

Dengan air yang cuma satu per limapuluh-nya air di dunia dipakai sama seluruh manusia di Bumi yang berjumlah 6 MILIAR. Udah kayak nyari upil di hidung berbulu lebat. Bakalan pada saling rebutan air. Tukang sayur berganti profesi menjadi tukang air. Atau malah sekalian kalau mandi tinggal mandi susu peres pentil sapi. Ckckckck…

Bisa dibayangkan bila suatu saat angka 2,41% atau 0,61% itu berubah angkanya jadi 0,00%?

Gak heran lagi orang Papua bahagia ada pipa air…
“Sekarang sumber air su dekaatt, bisa bantu ibu siram adiikk..”

Artikel ini ditulis untuk mengikuti Kompetisi WEB Kompas MuDA dan AQUA “IT’s About Us: Air untuk Masa Depan”. Pengumumannya ada di koran Kompas (cari sendiri :P) atau kalau mau langsung aja cari informasinya di web-nya MuDA di sini.

Majulah pemuda Indonesia! Kita buktikan mama-papa kita, kalau kita anaknya!
Merdeka!

[UPDATE]

Nggak menang… hehehehehe 😀

29 Komentar leave one →
  1. Mei 21, 2011 6:20 pm

    Nggak menang… hehehehehe 😀 <— TETAP SEMANGAT!

  2. Mei 26, 2011 10:35 pm

    malam…
    lama tak berjumpa ya..
    kalau ini sama dengan bak mandi di kosan saya..kuning kuning menyebalkan
    😉

  3. Juni 17, 2011 12:08 am

    berkunjung lagi nih apa kabar

  4. Juli 3, 2011 4:54 pm

    sumpah yaaaaaa! blog ente kocak bener boooooo! *ngakak gugulingan*
    eh ni WP gw sih *songong gituuuuuw* in English.
    gw nulisnye ngacak2 sih ampe di blog web2 beberapa temen jugak *pameeeeer* 😀
    intinya: nasipnye sama ni aer kayak di Ultimus (CV n toko buku n ruang-komunitas)
    trus, niatnye mo beli tawas (campur ama kaporit, pan hasil abis kena tawas noh jadinya asem eh asam. netralin pake kaporit pan ye?)
    bawu besi (artinye kena logam ye…)
    yg ttg air jaman dinosaurus, he eh bener. pan gw lg di mBandung nih skrg. nah konon (hasil nggosip) tanah di mari jadi bolong sebab aer2nya udah pada disedot.
    jadi intinye ape? he eh gimenong biar aer baknye cakep *kayak kite* 😉

  5. Juli 17, 2011 10:01 am

    Hahahaha sayang banget gak menang, padahal keren nih postingannya. Nyampe mataku berdebar-debar :p

    Visit balik nggak nolak lho :p

  6. Desember 24, 2011 10:41 am

    Tambahan :

    Sudahkah Kita menjaga air yang memberi kita hidup ?? Indonesia

    Hari Air sedunia. Sudahkah Kita menjaga air yang memberi kita hidup ?? Indonesia

  7. Mei 13, 2013 10:04 am

    Iya makanya kita jangan boros-borosin tuh yang namanya air bersih.

Tinggalkan komentar